Nyata Tanpa Rekayasa, Kacang Ajaib ini Dapat Bergerak Melompat Sendiri

Nyata tanpa rekayasa, terkejutkah anda bila melihat kacang yang dapat bergerak melompat-lompat kesana-kemari dengan sendirinya? Ya, itu memang benar adanya. Kacang apakah itu?

Adalah 'Mexican Jumping Bean' (kacang Lompat Meksiko), kacang ini beda dari kacang biasanya. Kacang yang dapat anda temui di Meksiko ini dapat bergerak berguling-guling kesana-kemari dengan sendirinya. Unik bukan, tentunya banyak yang penasaran bagaimana bisa kacang bergerak sendiri?

Mexican jumping bean sebenarnya sama sekali bukanlah kacang seperti yang biasa kita makan. Ia merupakan biji-bijian dari tanaman liar (Sebastiana Pavoniana) atau bisa disebut semak-semak di daratan gurun Meksico dan daratan daerah Baja California.

Biji-bijian dari tanaman liar ini mengandung larva dari ngengat kecil yang disebut ngengat jumping bean (Laspeyresia Saltitans). Biji-bijian ini merupakan makanan ngengat tersebut. Setelah memakan bagian dalam biji lalu meninggalakan larva. 

Uniknya larva itu memiliki kebiasaan aneh membenturkan dirinya dari satu dinding ke dinding lain di dalam biji. Sehingga membuat biji-biji itu terlihat seolah-olah melompat-lompat dengan sendirinya.

Tanaman liar jumping bean biasanya tumbuh di lereng gurun berbatu wilayah Rio Mayo di negara bagian Sonora dan Chihuahua. Tapi bila anda penasaran ingin melihat, salah satu tempat terbaik untuk melihat semak-semak ini berada di sekitar Alamos, Mexico, yang dikenal sebagai 'tempat jumping bean dunia'.
sumber: amazingbeans.com
Penasaran dengan Mexican Jumping Bean? lihat videonya di sini.
sumber: waynesword.palomar.edu

2 Komentar

  1. oh ternyata bukan melompat-lompat sendiri melainkan karena di dalamnya ada larva, terimakasih informasinya..

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan kami di IONQQ^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak