Wow, Gunung ini Tingginya 3 Kali Lipat Gunung Everest

sumber: lnormalasari.blogspot.com
Bicara soal gunung tertinggi mungkin dalam benak anda akan tertuju pada gunung Everest, yang tingginya kurang lebih 8.844 m. Tapi, sebenarnya masih ada yang lebih tinggi lagi yaitu, gunung Mauna Loa. Gunung Mauna Loa terletak di Hawaii tingginya sekitar 10.200 m. Gunung itu berada di dasar laut, tepatnya di Samudra Pasifik, dan menjulang lebih dari 17 kilometer dari dasar samudra. Nama gunung itu, Mauna Loa, yang artinya “Gunung Tinggi” dalam bahasa Hawaii.

Jadi sebenarnya gunung tertinggi di dunia adalah Mauna Loa. Ya, tidaklah salah bila
Mauna Loa adalah gunung tertinggi. Namun penilaian gunung tersebut sebagai gunung tertinggi itu hanya di bumi saja. Lain halnya bila mencakup wilayah tata surya, jadi tidak hanya di bumi saja.

Adalah Olympus Mons, di planet Mars, gunung terbesar dan tertinggi di tata surya. Sebelum satelit luar angkasa mengidentifikasikannya sebagai gunung, Olympus Mons disebut sebagai fitur albedo, Nix Olympica ("Salju Olympus") oleh astronom. Sejak akhir abad ke-19, diduga bahwa objek ini bergunung.

Tinggi Olympus Mons kurang lebih mencapai 27 km. Diameter dasarnya kurang lebih sepanjang 550 km, dengan dikelilingi oleh tebing tinggi 6 km. Sejauh ini belum ditemukan gunung lain yang mengalahkan ketinggiannya.
sumber:  pulsk.com
Bila gunung itu dibandingkan dengan Mt. Everest, kurang lebih sama dengan 3 kali Everest. Sangking tingginya, puncak Olympus Mons menempel keluar dari atmosfer Mars. Berikut perbandingan Olympus Mons, Everest, dan Mauna Loa :
sumber: rifkyalgifari.blogspot.com
Pengukuran Olympus Mons hanya estimasi, gunung tersebut dihitung dengan memeriksa gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Mariner 9 pada tahun 1971.

Olympus Mons terbentuk hampir sama dengan Kepulauan Hawaii. Terbentuk oleh letusan magma dari 'hot spot' di bawah permukaan. Ukuran besar Olympus Mons mencerminkan fakta bahwa Mars tidak memiliki lempeng tektonik bergerak, kerak masih tetap di tempat, dan keluarnya lava terus di satu tempat untuk waktu yang lama.

2 Komentar

  1. wah ternyata ada juga ya gunung yang melebihi ketinggian gunung everest..

    BalasHapus
  2. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak