Super Luas, Kompleks Candi ini Luasnya 12 Kali Lipat Candi Borobudur

Banyak orang tak pernah menduga sebelumnya bila ternyata selain candi Borobudur dan Angkor Wat (Candi di Kamboja), ternyata masih ada lagi kompleks candi yang penuh nilai sejarah serta memiliki luas yang luar biasa. Kompleks candi apakah itu?

Adalah kompleks candi Muaro Jambi, kompleks situs ini mempunyai luas 12 Kilometer persegi, dengan panjang kurang lebih dari 7 Kilometer serta luas sebesar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Itu artinya luasnya 12 kali luas kompleks candi Borobudur dan 2 kali luas kompleks Angkor Wat.

Kompleks candi Muaro Jambi merupakan salah satu wisata andalan Provinsi Jambi. Eksistensinya yang syarat akan nilai sejarah serta masih diselimuti misteri membuatnya dikenal dunia. Bahkan, sudah masuk dalam daftar tentatif World Heritage.


Sama seperti candi lain di Sumatra, candi yang berada di Muaro Jambi tersusun dari  Batu Bata, Candi yang pertama yang ditemui adalah candi Gumpung, candi ini nampaknya  relatif utuh, berada di permadani rumput yang hijau, dikelilingi tembok bata dan  parit kecil. Di depan candi gumpung terdapat Makara dengan bentuk yang sangat unik.

Candi, kanal, dan parit menghiasi kompleks tersebut, membentuk arsitektur kota kuno Muaro Jambi yang  menakjubkan. Dilihat dari kompleksitas arsitekturnya, Kompleks candi Muaro Jambi  memang benar benar sebuah ” lost kingdom” di Sumatra. Ada yang mengatakan bahwa  dulunya kompleks candi Muaro Jambi adalah tempat belajar agama budha yang cukup  terkenal di asia. Bahkan ada anggapan bahwa kompleks candi Muaro Jambi adalah  universitas tertua di Nusantara.


Foto-foto di tulisan ini barulah “permulaan” dari kompleks candi Muaro Jambi. Bila anda berkunjung ke sana anda akan melihat masih banyak candi-candi lainnya yang masih tersembunyi. 




sumber: Jalanblog  

2 Komentar

  1. artikel yang sangat menarik, terimakasih informasinya..

    BalasHapus
  2. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak