Inilah Kota Paling Multikultural, Ada 153 Bahasa Dalam 1 Kota

Kota Manchester. (sumber: Pikiran-rakyat)
Sudah menjadi hal biasa bila melihat suatu negara memiliki beragam budaya. Ragam budaya itu membawa masyarakatnya memiliki bahasa-bahasa khas yang berbeda. Meskipun demikian tiap negara tetap memiliki bahasa resmi untuk memudahkan komunikasi antar budaya yang berbeda.

Tidak usah jauh-jauh, misalnya negara Indonesia. Seperti semboyannya 'Bhineka Tunggal Ika' yang artinya berbeda-beda tapi satu jua, itu menunjukkan bahwa bangsa indonesia memiliki beragam budaya. Dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa, menurut Badan Pusat Statistik diperkirakan Indonesia memiliki kurang lebih 1.128 suku. Kemudian menurut Pusat Bahasa Depdiknas kurang lebih sekitar 746 bahasa yang berbeda tersebar di Nusantara.

Namun tahukah anda, ada suatu wilayah yang bukan suatu negara melainkan hanyalah kota yang super kaya bahasa. Kota ini kurang kebih memiliki sekitar 500 ribu penduduk, dan yang paling unik kota ini memiliki 153 bahasa. Bayangkan saja 153 bahasa dalam 1 kota, betapa banyaknya suku bangsa yang tinggal di sana. Kota apakah itu?

Adalah kota Manchester, Inggris, dengan 153 bahasa kota tersebut dinobatkan sebagai kota paling multikultural per milnya di dunia.

Kota tempat berdiamnya dua klub besar Manchester City dan Manchester United itu tidak terlepas dari warga pendatang yang menetap di sana. Itulah sebabnya di sana terdapat banyak bahasa. Bahkan penduduk Manchester yang dikenal dengan sebutan 'Mancunians' mewakili hampir semua budaya di dunia.

sumber: williancessna.blogspot.com
Mancunian merujuk pada penduduk asli kota Manchester. Sebutan itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan fans MU. Mancunian atau penduduk asli kota Manchester bukan hanya fans MU, tapi mereka juga bisa saja menjadi fans Manchester City atau klub lain.

Ragam bahasa di kota industri pertama di dunia (Manchester) itu termasuk bahasa Indonesia, kemudian bahasa Chitrali dari utara Pakistan, onkani dari barat India, Dagaare dari Ghana dan Burkina Faso (Afrika), Uyghur dari China. Sejumlah bahasa langka seperti Nahuatl, bahasa kuno yang digunakan bangsa Aztec, Zulu, dari Afrika Selatan, dan Dari, dari Afghanistan, dan masih banyak lagi lainnya.

2 Komentar

  1. artikel yang sangat menarik, terimakasih..

    BalasHapus
  2. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak