Masjid Bagaikan Gua Hira Modern, Dengan Arsitektur Kental Nuansa Spiritual

Masjid Sancaklar. (sumber: europaconcorsi.com)
Terletak di Buyukcekmece, Istanbul, Turki, terdapat sebuah masjid yang mungkin keunikannya belum pernah anda temui sebelumnya. Tak seperti masjid pada umumnya, masjid bernama 'Sancaklar Mosque' ini terletak di bawah tanah dengan luas 1200 meter persegi. Sang arsitek terinspirasi oleh kisah Rasulullah yang pertama kali menerima wahyu di Gua Hira menjadikan masjid yang dibangun di bawah tanah ini bagaikan gua Hira modern.
Masjid Sancaklar.(sumber: europaconcorsi.com)
Masjid Sancaklar.(sumber: interiordesign.net)
Berada di kedalaman tujuh meter dari permukaan bumi dan dibangun oleh arsitektur Turki, Emre Arolat yang dimulai bulan Mei 2011 dan rencananya akan dibuka untuk umum sekitar Mei-Juni 2014. Gaya modern dengan sentuhan desain bernilai Islami dan Ottoman mewarnai bangunan masjid tersebut.

Desain arsitektur masjid yang dibangun oleh pemerintah Turki ini telah meraih juara dalam ajang kompetisi Festival Arsitektur Dunia untuk kategori bangunan keagamaan. Tak heran banyak orang terpukau melihatnya.

Masjid Sancaklar.(sumber: image.3sir.net)
Tidak ditemukan menara ataupun kubah seperti masjid pada umumnya, bahkan nyaris tak ada tiang, sehingga terlihat seperti gua raksasa. Suasana tenang begitu terasa melihat hiasan kaligrafi serta penerangan ruangan di siang hari yang hanya mengandalkan sinar matahari masuk melalui jalur utama dan celah-celah khusus. Hal tersebut bertujuan untuk menambah kekhusyukan saat menjalankan ibadah.
Masjid Sancaklar.(sumber: euroasianews.com)
Masjid Sancaklar.(sumber: emrearolat.com)
Sang arsitek memang ingin memberikan nuansa baru dalam desain sebuah masjid. Ini sekaligus ingin mewujudkan tempat ibadah yang benar-benar bernilai spiritual tinggi. Pembangunan masjid yang mampu menampung sekitar 650 jamaah ini dikhususkan untuk mengatasi kelangkaan masjid di area Karaagac, yang lebih banyak diisi oleh vila-vila.
Masjid Sancaklar.(sumber: architectsandartisans.com)
Masjid Sancaklar.(sumber:m.interiordesign.net)
 sumber: Dream

3 Komentar

  1. ayo segera daftarkan diri anda di www,ionQQ,com
    nikmati bonus referal 20% dan cash back 0.3% setiap minggunya
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus
  2. Thanks so much for the article post.Much thanks again. Will read on

    5 hotel di bali
    Situs hotel

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak