Wow, Gedung Apartemen Berbentuk Silinder Menjulang Tinggi 173 Meter

Photo credit
Adalah Ponte City Tower, sebuah gedung apartemen pencakar langit tertinggi di Johannesburg, Afrika Selatan. Gedung yang memiliki 54 lantai dengan tinggi 173 meter ini terlihat begitu mencolok berdiri tegak menjulang di kota Johannesburg. Dengan ketinggiannya, dapat dinikmati pemandangan sekitar kota Johannesburg.

Bentuknya berbeda dengan gedung apartemen pada umumnya. Ponte City Tower dibangun pada tahun 1975 dengan bentuk bangunan silinder, seperti tabung raksasa yang berdiri tegak.  Lantai dasar terdiri dari toko, penata rambut, gelanggang bowling, dan tempat konser. Dirancang memiliki ruang terbuka di bagian tengah bangunan, Untuk memungkinkan cahaya masuk ke dalam. Kemudian, dipuncaknya terpampang tanda iklan terbesar di belahan bumi Selatan.

Photo credit
Pembangunan gedung silinder ini selesai pada tahun 1975, yaitu pada era apartheid. Pada era tersebut, Ponte City Tower menjadi bangunan apartemen termewah di Johannesburg, yang dikhususkan untuk orang kulit putih. Satu-satunya orang kulit hitam yang secara hukum diizinkan untuk tinggal di gedung silinder tersebut adalah pegawai negeri, yang tinggal di lantai paling atas dengan jendela kecil yang tidak mungkin untuk melihat.
Photo credit
Pada 1980-1990an Ponte City Tower terlihat usang tak lagi semegah dulu. Setelah berakhirnya era apartheid, gedung apartemen silinder ini terlihat kumuh dan menjadi tempat pengungsian yang kebanyakan dihuni oleh orang-orang yang memiliki catatan hitam dan memerlukan rehabilitasi.

Kemudian sejak tahun 2001, gedung pencakar langit ini telah mengalami renovasi dan disterilkan dari orang-orang dengan catatan hitam. Kini dengan harganya yang terjangkau Ponte City Tower telah dihuni oleh orang-orang biasa seperti apartemen pada umumnya, yang terdiri dari orang Afrika Selatan dan imigran. Berbeda dengan yang dulu, Ponte City Tower gedung apartemen termewah pada zamannya yang dibangun untuk orang kulit putih, sebaliknya saat ini dihuni oleh lebih dari 3000 orang kulit hitam dan kulit putih hanya sekitar 12 orang.

Photo credit
Photo credit
Photo credit

2 Komentar

  1. wow gedung apartemen yang sangat unik, jarang-jarang ya ada apartemen yang berbentuk silinder seperti itu..

    BalasHapus
  2. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak