Canggih, Pohon Raksasa Buatan yang Dapat Berfungsi Layaknya Pohon Sungguhan

Photo by GoWildImages.com/Jason Freeman via Amazing Places On Earth
Di era modern seperti saat ini tak jarang bermunculan hal-hal baru bernuansa futuristik yang tak pernah ada sebelumnya. Kali ini pandangan kita akan tertuju pada pohon unik yang menjadi salah satu tujuan utama obyek wisata baru di Singapura. Keunikannya bahkan terlihat seolah berada di planet lain.

Disebut dengan Supertree Grove, yaitu pohon-pohon raksasa dengan ketinggian antara 25 hingga 50 meter yang ada di Garden by the Bay, Singapura. Seperti dilansir Amazingplacesonearth.com, pohon-pohon raksasa yang tumbuh di taman seluas 101 hektar ini sejatinya bukanlah pohon melainkan struktur bangunan yang dibuat menyerupai pohon berukuran raksasa.
Photo by Flickr/Choo Yut Shing via Amazing Places On Earth
Meskipun bukan pohon alami tapi hanyalah bangunan yang menyerupai pohon, namun Supertree Grove dirancang layaknya pohon sungguhan. Menurut Wikipedia pohon-pohon raksasa Supertree Grove ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang bisa berguna seperti pohon pada umumnya. Pada bagian atas pohon terdapat sel photovoltaic yang dapat menyaring dan memancarkan kembali sinar matahari yang nantinya akan digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis. Pohon itu juga mampu menyerap dan menyimpan air hujan yang nantinya akan digunakan dalam irigasi.

Kemudian Supertrees juga mampu menyerap, mengolah, dan menyaring udara di sekitarnya, lalu dilepaskan kembali dalam bentuk yang lebih murni. Sehingga menjadikan lingkungan sekitarnya terasa sejuk, seperti segarnya udara di pagi hari.

Selain itu, yang tak kalah memukau yaitu pada permukaan batangnya. Seluruh permukaan batangnya diselimuti dengan aneka macam tumbuhan, seperti tanaman merambat, bunga anggrek dan sejumlah koleksi tumbuhan bromeliad. Aneka macam tumbuhan di permukaan batangnya nampak seperti taman vertikal yang indah menawan.
Photo by Steven Ng (visit flickr)
Dan pada malam hari pohon-pohon raksasa ini juga menampilkan keindahan yang menyita perhatian publik. Gemerlap cahaya lampu menghiasinya dan Sebagai pelengkap, alunan musik yang dimainkan OCBC Park Rhapsody semakin menyemarakkan suasana malam.
Photo by Flickr/MilaMai via Amazing Places On Earth
Photo by William Cho (visit flickr)

2 Komentar

  1. pohon raksasa buatan yang sangat indah..

    BalasHapus
  2. numpang share ya.. ingin mencari tambahan uang saku,, kunjungi kami di ionQQ*com
    dan jangan lupa di add pin bb kami : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak