Luar Biasa Simetris, Sumur Sedalam 20 Meter Dihiasi Arsitektur Mengagumkan

Photo credit
Terletak di desa Abhaneri dekat dengan Jaipur, di bagian timur Rajasthan, India. Terdapat arsitektur bangunan peninggalan sejarah yang sangat mengesankan, yaitu disebut Chand Baori. Chand Baori merupakan bangunan stepwell atau biasa dikenal kalyani, pushkarani, bawdi, baoli, barav, atau vaav, yaitu sumur atau kolam yang dalam dan untuk mencapai air sumur itu umumnya dihiasi oleh arsitektur yang sangat menonjol disekelilingnya. Tak hanya di India, stepwell juga dapat ditemukan di daerah Pakistan.
Photograph by Sally Heffentrager (Gwynedd Gwyn on Flickr)
Yang terlihat paling mengesankan dari arsitekturnya yaitu dari sisi simetrisnya tangga yang menuju ke air sumur. Terdiri dari 13 tingkat, dan berjajar di sepanjang dinding di tiga sisi. Jumlah keseluruhan kurang lebih 3.500 langkah sempit yang diatur dengan kesimetrisan terukur sempurna turun ke dasar sumur 20 meter.

Menurut catatan sejarah, Chand Baori dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda dari Dynasty Nikumbha. Sebelum adanya sistem penyaluran air modern sumber air di sumur Chand Baori paling diandalkan pada zamannya.

Photo credit
Kendati sumur yang berumur lebih dari 1000 tahun ini kini airnya tak sejernih dulu, namun demikian kesimetrisan arsitekturnya tetap memancing perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya.
Photo credit
Photograph by Christopher Byrd (Byrd on a Wire on Flickr)
Photograph by Miles Hunter on Flickr
Photograph by Saumil U. Shah on Flickr

3 Komentar

  1. sumur yang sangat dalam, tapi arsitekturnya begitu bagus dan sangat luar biasa..

    BalasHapus
  2. mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
    pin bb : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak