Buzludzha, Monumen Megah Menyerupai UFO yang Terbengkalai

Photo credit
Bila melihat secara langsung bentuk bangunan ini, sejenak mungkin anda akan terdiam dan bertanya dalam hati. Benarkah itu UFO? Nampak jelas struktur bangunan ini menyerupai piring terbang raksasa berada di puncak bukit terpencil. Bangunan apa dan dimanakah keberadaanya?

Tidak lain adalah Monumen Buzludzha, terletak di Pegunungan Balkan yang tepatnya di kawasan Central Stara Planina, Bulgaria. Lokasi monumennya berada di atas ketinggian 1.441 mdpl.

Photo credit
Monumen Buzludzha dibangun tahun 1981 ketika rezim komunis menguasai Bulgaria. Monumennya pun dibangun untuk memperingati peristiwa tahun 1891, yang mana kala itu kaum sosialis dipimpin Dimitar Blagoev berkumpul di sana untuk membentuk gerakan sosialis dan mendirikan Partai Demokrat Sosial Bulgaria.

Pembangunan monumen di puncak bukit ini memakan waktu hampir tujuh tahun. Dirancang oleh arsitek Georgi Stoilov, dengan ketinggian mencapai 107 m. Kemudian lebih dari 60 seniman Bulgaria berkolaborasi pada desain mural yang menghiasi monumen tersebut. Tak hanya itu, ribuan sukarelawan juga ikut terlibat dalam proses pembangunannya.

Photo credit
Monumen Buzludzha bukanlah monumen sembarangan. Di dalamnya tersimpan karya-karya seni yang melambangkan simbol-simbol komunis sosialis, kaca patri dan lukisan tokoh-tokoh komunis Bulgaria di dinding. Terdapat ruangan utama, yaitu hall atau aula luas setinggi 15 meter. Kubah bangunan ditutupi dengan tiga puluh ton tembaga. Pembangunan monumennya pun dikabarkan menghabiskan dana 7 juta Euro atau sekitar Rp 108 miliar.

Pada zamannya, Monumen Buzludzha merupakan monumen paling terkenal yang didedikasikan untuk gerakan sosial politik komunisme. Namun jauh berbeda dari yang dulu, monumen itu kini ditinggalkan. Kemegahan bangunan tak lagi terlihat, bahkan banyak coretan-coretan mural di dinding monumen dan sebagian telah rusak.

Photo credit
Komunisme Bulgaria berakhir pada tahun 1989, dan segera setelah itu, kantor pusatnya tak lagi digunakan. Kemudian pada tahun 1991, monumen yang masih menjadi milik mantan kelompok partai komunis ini diserahkan ke negara dan ditinggalkan.
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit

2 Komentar

  1. monumen yang sangat megah tapi syang terbengkalai begitu saja..

    BalasHapus

  2. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq
    add pin black.berry 58b14f5 || ditunggu ya ^.^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak