Ternyata Ada Menara yang Lebih Miring dari Menara Pisa

Menara Pisa, sebuah situs peninggalan sejarah yang termasuk salah satu keajaiban dunia. Bagi kebanyakan orang mungkin sudah tak asing lagi dengan menara tersebut. Bangunan di Italia yang juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO itu memiliki daya tarik tinggi dengan kemiringannya.

Namun tahukah Anda, ternyata masih ada bangunan peningggalan sejarah yang konstruksi bangunannya lebih miring lagi dibandingkan Menara Pisa. Bangunan apakah itu?

Image source: bestphotosite.net
Tak lain adalah 'Tiger Hill Pagoda', sebuah menara peninggalan sejarah yang terletak di Tiger Hill (bukit harimau), Kota Suzhou, China. Karena memiliki kemiringan yang tinggi membuatnya juga dikenal dengan sebutan 'Leaning Tower of China' (Menara Miring China).

Menara setinggi 47 meter (154 kaki) itu berdiri dengan kemiringan 6.87 derajat. Sementara Menara Pisa hanya dengan kemiringan 3.97 derajat.
Image source: Asalasah
Tiger Hill Pagoda, secara keseluruhan diperkirakan beratnya sekitar 7 juta kilogram atau setara 7000 ton. Dalam kurun waktu kurang lebih seribu tahun secara bertahap kekuatan alam membuat kemiringannya semakin bertambah. Disebabkan karena pondasi awalnya dimana setengahnya terletak di batu dan setengah lainnya di tanah.

Pada tahun 1957, berbagai upaya dilakukan untuk menstabilkan pagoda itu serta mencegah kemiringannya yang semakin tinggi. Untuk membentuk fondasi yang lebih kuat beton dipompa ke dalam tanah.

Image source: tripadvisor.com
 Sumber: Wikipedia, Asalasah

2 Komentar

  1. artikel yang sangat menarik, terimakasih..

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan kami di IONQQ^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak