Tak Perlu Jauh-jauh Ke Timur Tengah, Indonesia juga Punya Padang Pasir

Bila orang ditanya daerah manakah yang identik dengan padang pasir? Ya, pasti jawabannya tak kan jauh dari daerah ini. Mana lagi kalau bukan daerah Timur Tengah. Tak perlu ditanya, rasanya orang dari berbagai belahan dunia manapun tahu bila Timur Tengah sangat erat dengan padang pasir.

Namun demikian, padang pasir sebenarnya tak hanya di Timur Tengah. Di berbagai benua seperti Afrika, Eropa, dan yang lainnya juga terdapat padang pasir. Bahkan di kawasan Asia Tenggara yang beriklim tropis dengan curah hujan tinggi pun ternyata juga ada padang pasir. Dimanakah padang pasir Asia Tenggara itu berada? 

Tak lain adalah 'Gumuk Pasir' (gumuk berasal dari bahasa Jawa, artinya gundukan), padang pasir yang terletak di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta. Menurut beberapa sumber, padang pasir tersebut merupakan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara.

Gumuk Pasir. (Image source: visitingjogja.com)
Gumuk Pasir Yogyakarta. (Image source: nurhayati-cj17.blogspot.com)
Persis seperti padang pasir yang biasa kita kenal. Gumuk Pasir yang letaknya sangat dekat dengan pantai Parangtritis ini berupa hamparan pasir yang luas nan memikat. Bahkan suasananya sangat mirip Gurun Sahara di Afrika. Sehingga membuatnya juga dikenal dengan sebutan Gurun Sahara Indonesia.

Tak heran bila Gumuk Pasir ramai dikunjungi para wisatawan. Tak jarang pula menjadi lokasi favorit untuk pre-wedding. Tak berhenti sampai di situ, salah satu penyanyi terkenal Agnes Monica dan band Letto juga pernah syuting video klip mengambil background Gumuk Pasir yang indah itu.


Image source: wisatayogyakarta.net
Menurut penelitian, Gumuk Pasir terbentuk oleh pasir-pasir dari material vulkanis letusan Gunung Merapi yang terbawa angin menuju lautan. Kemudian pasir-pasir menyatu dengan air laut dan selama ribuan tahun terkena ombak. Lalu menjadi pasir halus dan terbentuklah bukit-bukit padang pasir seperti yang bisa dilihat saat ini.

Photo by Luthfia Anwar
Photo by Luthfia Anwar
Photo by Luthfia Anwar
Photo by Luthfia Anwar
Photo by Luthfia Anwar
Photo by Luthfia Anwar

2 Komentar

  1. saya baru tahu kalau di indonesia juga ada gurun pasirnya, keren..

    BalasHapus

  2. In1 y4ng di tunggu" guys| I0nqq t3lah m3ngh4dirkan g4me baru B4ND4R P0K3R (N3w G4m3)|
    4nda mau menjadi b4ndar|sil4k4n d4ft4r di www*i0nqq*c0m|p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak