Letaknya Terpencil, Tapi Penduduk Pulau ini Semuanya Bersaudara

Barangkali ini adalah salah satu pulau yang paling unik yang pernah ada. Unik bukan dari segi bentuk ataupun bentangan alamnya melainkan dari segi penghuninya. Seperti tak percaya, seluruh penghuni yang menempati pulau ini adalah bersaudara, artinya masih satu keluarga besar. Sangat unik bukan?

Adalah Palmerston Island, sebuah pulau indah yang terletak sangat terpencil di Samudera Pasifik, tepatnya di Kepulauan Cook, sekitar 3.200 km dari Selandia Baru. Detailnya, terdiri dari pulau-pulau kecil dimana enam dari mereka berukuran besar, yakni Palmerston, Pulau Utara, Lee To Us, Leicester, Primrose, Toms, dan Cooks. Tak kalah unik, enam bagian tersebut terhubung laguna menyatu membentuk area seluas 56 km persegi di tengahnya. 

Untuk berkunjung ke pulau yang sangat terpencil ini tentu tidaklah mudah dan sangat berbahaya. Hanya orang-orang pemberani yang berkunjung ke sana.


Dalam sejarahnya, Captain Cook menjadi pengunjung perdana pulau ini pada tahun 1777. Namun selama hampir satu abad sebagian besar pulau ini tetap tak berpenghuni hingga akhirnya pada tahun 1860 datanglah William Marsters, seorang tukang kayu dan pembuat kapal.

Ia begitu terpikat dengan pulau ini. Dan tiga tahun kemudian ia kembali lagi ke pulau tersebut bersama dengan istri, putri kepala pulau Cook lainnya, dan dua sepupunya dengan tujuan untuk bermukim di sana.


Marsters dan ketiga istrinya memiliki 17 anak. Ia membangun beberapa fasilitas dengan menggunakan bangkai kapal untuk menampung keluarganya, seperti sekolah, gereja, serta rumah. Akhirnya terbentuklah sebuah komunitas yang merupakan penduduk pulau Palmerston hingga kini.

Lebih lanjut, saat ini, Palmerston kurang lebih memiliki 62 penduduk. Pulau tersebut dikelola oleh pemerintah Kepulauan Cook di bawah yurisdiksi Selandia Baru. Namun demikian, pada tahun 1954 keluarga itu diberikan kepemilikan penuh pulau tersebut.


 Source: Amusing Planet

3 Komentar

  1. wahh, mungkin itu pulau keluarga ya, soalnya semua penduduknya bersaudara.. hmm

    BalasHapus
  2. ayo segera daftarkan diri anda di www,ionQQ,com
    nikmati bonus referal 20% dan cash back 0.3% setiap minggunya
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus
  3. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak