Perbatasan Unik Sebuah Kota yang Terletak di Dua Negara

Jika Kota Istanbul, Turki berada di dua benua (Asia dan Eropa), maka tak kalah unik kota ini terletak di dua negara, yaitu Belanda dan Belgia. Kota manakah itu? Tak lain tak bukan adalah Kota Baarle.

Kota Baarle merupakan kota yang terbagi wilayahnya oleh Belanda dan Belgia. Untuk Kota Baarle yang masuk wilayah Belanda disebut Baarle-Nassau, sementara yang ada di wilayah Belgia disebut Baarle-Hertog.

Tak hanya itu, ada lagi yang lebih unik dari Kota Baarle. Perbatasan wilayah antara dua negara tersebut cukup rumit dan tak seperti perbatasan wilayah pada umumnya di negara-negara lain. Bukan berupa pagar pembatas, tapi menggunakan tanda-tanda plus putih.

Tanda perbatasan itu melewati trotoar, kebun, rumah, toko dan lain sebagainya. Untuk rumah yang terbagi oleh tanda batas itu maka penentuan wilayahnya apakah masuk Belanda atau Belgia ditentukan oleh letak pintu depan rumah tersebut.
Ada sebanyak 26 bagian terpisah di Kota Baarle yang sebagian merupakan wilayah Belanda dan sebagian lain masuk wilayah Belgia.

Perbatasan wilayah tersebut terbentuk dari hasil sejumlah perjanjian, kesepakatan, pertukaran lahan, dan jual-beli antara Lords of Breda dan Dukes of Brabant pada abad 12. Setelah terjadi perpecahan tetap antara Belanda dan Belgia pada tahun 1839. Dan kemudian membutuhkan tiga komisi perbatasan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

3 Komentar

  1. Hebaar, kalau di Indonesia batas antar desa saja bisa perang golok

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat menarik, terimakasih..

    BalasHapus
  3. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak