Menyerupai Benteng, Tanah di Kota ini Menjulang Lebih Tinggi dari Sekitarnya

Bila pada tulisan sebelumnya telah dikupas tentang Irak yang punya kota unik dengan sebutan 'Venesianya Timur Tengah', kali ini masih ada lagi sebuah kota unik di daratan Irak yang dikenal dengan sebutan 'Citadel of Erbil' atau 'Benteng Erbil'.

Letaknya berada tepat di jantung kota, di daerah Kurdistan, Irak. Kota yang satu ini disebut dengan Kota Benteng Erbil tentu bukan tanpa sebab. Tanahnya menjulang tinggi seperti sebuah gundukan tanah setinggi sekitar 25 hingga 30 meter dari dataran sekitarnya.


Luas tanah sekitar 102.000 meter persegi. Di atas gundukan tanah terdapat sekitar 100 bangunan rumah yang dibangun dengan rapi saling berdekatan membentuk dinding kokoh yang menyerupai sebuah benteng. Secara terus menerus telah dihuni kurang lebih sejak milenium ke-5 SM, dan bahkan mungkin lebih awal lagi. 

Bangunan-bangunannya sebagian besar berarsitektur tradisional. Letaknya rapi berdampingan terpisah oleh lorong-lorong sempit yang nampak seperti sebuah labirin.


Di salah satu kota tertua di dunia ini selama tahun 1920 terdapat kurang lebih 500 rumah. Namun secara bertahap jumlah penduduk menurun selama abad ke-20. Seiring tumbuh dan berkembangnya perekonomian kota membuat penduduk kaya pindah ke rumah-rumah modern dengan taman yang lebih besar.


4 Komentar

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus
  3. mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
    pin bb : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak