Unik Berbentuk Kubus, Puluhan Rumah Apung Bak Perahu di Dermaga

Tak hanya dikenal dengan julukan Negeri Kincir Angin, Belanda juga dikenal erat dengan sebutan 'sang penakhluk air'. Bila dilihat dari segi geografis, rata-rata wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut yang tentunya sangat rentan dengan masalah air dimana air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Hebatnya, Belanda tidak tengggelam karena mampu menakhlukkan serta mengelola air dengan baik yang menjadi kiblat dunia.
Soal menakhlukkan air selain dikenal dengan 'dam' atau bendungan, salah satu inovasi yang juga tak kalah menarik di Belanda adalah 'The Floating Houses' (rumah apung) yang terletak di Waterbuurt, distrik IJburg, Amsterdam.

Di daerah Waterbuurt terdapat 75 rumah apung (menurut Financial Times berjumlah 93) di danau. Agar tak hanyut terbawa arus atau berhimpitan satu sama lain, rumah ditambatkan ke tiang-tiang baja sehingga nampak seperti perahu-perahu di sekitar dermaga.
Uniknya, bangunan rumah-rumah apung ini bergaya modern berbentuk kubus. Menggunakan bahan konstruksi baja ringan serta dengan panel kayu untuk kamar dan lantai. Kemudian dilengkapi dengan teras dan atap terbuka yang bisa digunakan untuk ruang tamu.

Lebih lanjut, IJburg adalah sebuah distrik yang merupakan pulau buatan di danau IJmer. Di daerah tersebut terdapat proyek pembangunan rumah yang hingga kini masih dalam proses. Seperti dilansir Amusing Planet, setelah selesai proyek itu nantinya akan memiliki 18.000 rumah untuk 45.000 warga dan dilengkapi sekolah, toko-toko, tempat rekreasi, restoran, dan sebagainya. 

 Source: Amusing Planet

4 Komentar

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus
  3. ada permainan seru yang menanti anda untuk memenangkan hadiah nya hingga jutaaan rupiah..
    ayo segera daftar kan diri anda di ionqq*co.m
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak