Siput Berwujud Domba, Satu-satunya Hewan yang Bisa Fotosintesis

Benarkah ini sapi ataukah domba? Nampak seekor hewan berbentuk menyerupai sapi atau domba yang bersembunyi di dedaunan semak-semak. Tapi mana mungkin ada domba atau sapi yang hidup di dasar laut. Ya, tentunya bukan melainkan inilah salah satu spesies unik penghuni bawah laut, yaitu siput laut Costasiella kuroshimae.
Image source: Bored Panda
Seperti dilansir Bored Panda, siput yang juga dikenal dengan sebutan "leaf sheep" ini berukuran mungil yang tumbuh hingga panjang 5 milimeter. Bentuknya imut dan lucu dengan mata seperti hiasan manik-manik serta antena yang mirip tanduk sapi atau domba.

Jika Anda penasaran ingin melihatnya, keberadaannya dapat ditemukan di perairan sekitar Jepang, Indonesia dan Filipina.
Image source: Bored Panda
Keunikannya belum berhenti sampai di situ, siput jenis ini merupakan satu-satunya hewan yang dapat berfotosintesis. Tentu mengundang rasa ingin tahu. Bagaimana bisa, bukannya yang dapat melakukan fotosintesis adalah makhluk hidup yang miliki klorofil (zat hijau daun) dimana umumnya hanya ada pada tumbuhan?

Perlu diketahui, siput laut imut ini ternyata miliki klorofil yang mereka peroleh saat mereka makan alga (ganggang) kemudian menghisap kloroplas dan menggabungkannya ke dalam tubuh mereka sendiri dimana prosesnya disebut kleptoplasty. Sehingga membuat mereka dapat berfotosintesis.

Sebagai tambahan, dengan adanya klorofil maka suatu organisme dapat berfotosintesis. Dengan berfotosintesis maka bisa dibilang dapat membuat makanan sendiri melalui bantuan cahaya matahari (kemampuan bertenaga surya).
Image source: Bored Panda
Image source: Bored Panda
Image source: Bored Panda

3 Komentar

  1. keren siputnya bisa fotosintesis, tapi geli juga ya kalau lihat siput tanpa cangkangnya..

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus
  3. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak