5 Kesamaan Bale dan CR7

      Nampaknya tak asing lagi bagi para bola mania mengenai Gareth Bale. Seorang Bintang Muda berkebangsaan Wales yang belum lama ini didaulat sebagai Player of the Year dan Young Player of the Year 2013. Akhir-akhir ini berbagai media tak henti-hentinya memuat berita mengenai transfer Bale. Bukan rahasia lagi jika Real Madrid begitu menginginkan pemain Spurs ini. Kendati Spurs telah memagarinya dengan harga selangit, namun El Real tetap tak mengurungkan niatnya untuk mendatangkan Bale. 

      Tawaran demi tawaran dilayangkan kepada Spurs, yang hingga saat ini tak kunjung keluar kabar mengenai kepastian transfer Bale. Barangkali akan muncul pertanyaan, mengapa Los Galacticos yang sudah memiliki skuad bertabur bintang mati-matian mengincar Bale? Banyak media mengatakan bahwa menurut Ramon Calderon (mantan presiden Real Madrid) alasan El Real mati-matian mengincar Bale yaitu untuk mengantisipasi kepergian Cristiano Ronaldo (CR7). Dikabarkan bahwa  hingga saat ini CR7 belum memperpanjang kontraknya dengan El Real. Entah terkait soal gaji, atau faktor kenyamanannya di Real Madrid.
      Terkait dengan Bale yang dikabarkan sebagai pengganti Ronaldo, lantas benarkah Bale sudah selevel dengan Ronaldo? Senada dengan pendapat Arsene Wenger, untuk saat ini rasanya terlalu cepat untuk membandingkan Bale dengan CR7. Prestasi Bale saat ini belum bisa menyaingi prestasi Ronaldo tentunya. Namun, terlepas dari itu Bale memang memiliki kesamaan dengan CR7, di antaranya yaitu :

1. Tinggi badan mereka memiliki kesamaan, yaitu 186 cm.

2. Free Kick Style Bale & CR7 nyaris tidak ada perbedaan. Keduanya memperagakan ritual mundur 7 langkah sebelum mengekskusi free kick. Kemudian, mereka juga sama-sama merenggangkan kaki. Arah lengkungan bola hasil tendangan bebas mereka juga sangat sulit ditebak, memiliki daya putaran rendah tetapi menusuk dengan aneh. Sangat berbeda dengan tendangan pisang ala Beckham. 

Menurut Arsene Wenger dan Fabio Capello, bola dengan lengkungan seperti tendangan Beckham, memang juga sulit, tetapi gampang ditebak arah lengkungannya oleh kiper, karena bola bergerak dengan sudut yang sama, dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Berlawanan dengan tendangan Ronaldo, yang pola kurvanya (lengkungan) liar. Seorang kiper bahkan mengatakan bahwa bola tendangan Ronaldo seperti balon yang bergerak tidak menentu di udara. Lengkungan pergerakan bola dari tendangan Ronaldo bisa bergerak dari atas ke bawah dan bahkan juga ke samping secara bersamaan.[1]
3. Soal speed, sepertinya tak perlu dipertanyakan lagi. Bale & CR7 paling jago dalam hal kecepatan lari. Hal ini pula yang menjadi kelebihan Ronaldo bila dibandingkan dengan Messi. Kecepatan lari Ronaldo mencapai angka 33,9 km/jam, sementara Messi kurang dari 30 km/jam. Kecepatan lari Bale sedikit di atas Ronaldo. Bale dapat mencapai kecepatan lari 10,23 detik untuk 100 meter, sedangkan CR7 mencapai 11,6 detik untuk 100 meter.

4. Bale & CR7 sering mencetak gol dari luar kotak penalti dengan tendangan jarak jauh (long shot). Selain itu, posisi mereka ketika beroperasi dalam permainan nampaknya juga tidak jauh berbeda. Keduanya memang tidak memiliki posisi baku, terkadang beroperasi di sayap kanan, kiri, false 9, dan juga sebagai target man. Hanya saja cuma Bale yang pernah menempati posisi bek kiri.

5. Saat masih membela Manchester United, Ronaldo meraih penghargaan PFA Player of the Year and Young Player of the Year awards (pemain terbaik dan pemain muda terbaik Liga Inggris) di tahun 2007. Bale juga meraih penghargaan itu di tahun 2013.
sumber: www.dailymail.co.uk
sumber: www.thefalsenine.co.uk

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak