Persaingan Ketat Perusahaan Besar ; Ronaldo Vs Messi

Ronaldo (CR7) dan Messi (M10), 2 pemain bintang ini seolah tak pernah berhenti diperbincangkan. Pemain yang mempunyai skill jauh di atas rata-rata, tak heran bila ada yang menyebut mereka pemain yang datang dari planet lain. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dari segi prestasi Lionel Messi memang lebih unggul. Bagaimana tidak, Ronaldo yang hanya mengantongi 1 Ballon D'Or sementara Messi mengoleksinya hingga 4 kali berturut-turut. 

Kendati demikian, soal pendapatan tahunan tak usah ditanya lagi, Ronaldo lebih unggul dari Messi. Dari segi gaji club memang sedikit lebih kecil dengan gaji Messi, tapi dengan banyaknya iklan yang ia (Ronaldo) bintangi tentu mendongkrak pendapatan. Tiap tahun CR7 mampu mengantongi US$ 43,5 juta (Rp 422,38 miliar). Sedangkan Messi menerima pendapatan US$ 40,3 juta (Rp 391,32 miliar). Bicara soal iklan, ternyata persaingan CR7 dan M10 juga mewarnai persaingan iklan perusahaan-perusahaan besar, yaitu :

1. Nike Vs Adidas
Dua raksasa perusahaan apparel ini memiliki persaingan ketat. Awalnya mereka mempunyai pangsa pasar masing-masing, Nike menguasai Amerika, dan Adidas menguasai Eropa. Namun, lambat laun Nike berusaha untuk menjadi perusahaan apparel nomor 1, yang menguasai pangsa pasar apparel dunia. Kemudian Nike melebarkan sayapnya ke Eropa yang menjadi pangsa pasar Adidas. 

Lalu, atmosfer persaingan mereka terasa semakin panas. Nike menggerogoti dominasi Adidas di Eropa. Persaingan panas itu terlihat dalam apparel club-club sepakbola elite, sebut saja Nike dengan Barcelona, Inter Milan, dan MU, kemudian Adidas dengan Real Madrid, AC Milan, dan Chelsea. Persaingan panas Nike vs Adidas juga terlihat dalam brand ambassador (bintang iklan) mereka, yaitu Nike dengan Ronaldo dan Adidas dengan Messi, yang terkenal berupa produk sepatu mereka.

2. Unilever Vs P&G
Unilever Indonesia dan Procter & Gamble Home Products Indonesia (P & G) merupakan 2 perusahaan besar yang menguasai pangsa pasar sampo di Indonesia. Diperkirakan market share (pangsa pasar) yang mereka kuasai sekitar 90%, Unilever 50%, dan P&G 40%. Kemudian sisanya, milik perusahaan sampo lain yaitu, Wings Group (Emeron dan Zinc) dan PT L’Oreal Indonesia (L’Oreal). Unilever menguasai pangsa pasar dengan produknya Clear, SunSilk, Dove, dan Lifebuoy. Sementara P&G dengan Head & Shoulders, Pantene, Herbal Essence, dan Rejoice. Persaingan ketat kedua perusahaan ini terlihat dalam brand ambassador mereka, yaitu Clear dengan Ronaldo, dan Head & Shoulders dengan Messi.


Sumber :
http://www.berita-bisnis.com/berita/2035--genjot-clear-unilever-gelar-kampanye-dan-gandeng-brand-ambassador-baru.html
http://letsgo.advisortrips.com/persaingan-merek-terkenal.html
http://swa.co.id/business-strategy/cara-clear-tingkatkan-image-shampo-anti-ketombe-nomor-1-di-indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak