Kehebatan Ubur Ubur ; Meskipun Mati tapi Masih Bisa Menyengat


Walaupun geraknya sangat lemah, ubur-ubur adalah perenang yang sangat aktif. Dia bisa menyelinap di antara biota laut lainnya. Kecepatan berenangnya 1,5-2 meter per detik. Hebatnya lagi ia bisa berbalik hingga 180 derajat.


Selain itu, ubur-ubur kotak merupakan hewan kecil, tetapi penglihatannya hebat. Bayangkan saja, pada tubuhnya ada enam kumpulan mata. Pada tiap kumpulan mata terdapat empat sudut. Jadi total semua matanya ada 24. Ke-24 matanya menggantung pada struktur berbentuk mangkuk di tubuhnya. Ukurannya matanya kecil saja dengan diameter 0,3- 1,2 mm tergantung spesiesnya. Tetapi walaupun sangat kecil, matanya lengkap lho. Ada retina (selaput jala), kornea, lensa, dan iris.

Matanya mampu membedakan benda-benda di dekatnya berdasarkan warna, ukuran, bentuk, dan intensitas cahaya. Namun berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Universitas Lund, ubur-ubur kotak tidak bisa merespon dengan baik benda yang transparan.

Menurut ilmuwan, susunan matanya yang kompleks membantu ubur-ubur kotak mengendalikan arah gerakan. Ia bisa menghindari tabrakan dengan benda lain ketika berenang.

Racun Mematikan

Sekarang kita bicara tentang hal paling terkenal dari hewan kecil ini, yakni sengatannya yang beracun. Karena sengatannya itulah ubur-ubur juga dijuluki The Sea Wasp alias Tawon laut atau ubur-ubur tawon. Setiap senti tentakel ubur-ubur kotak memiliki 5.000 sel penyengat yang dinamakan nematocysts.

Bayangkan, pada seluruh tentakel sepanjang 3 meter itu ada tiga juga nematocyst! Jarum-jarum beracun tersebut bisa menyengat bukan hanya karena kemauan sang ubur-ubur kotak. Sentuhan lembut saja di tentakelnya akan membuatnya menyengat. Jangan pula menyentuh ubur-ubur kotak walapun sudah mati dan mengering! Racunnya akan aktif kembali bila terkena air.

Apa bahayanya racun ubur-ubur kotak? Sengatan ubur-ubur kotak pada manusia menyebabkan korban mengalami luka yang terasa sangat pedih dan nyeri, pusing, kesulitan bernapas, mual dan muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran. Bila dalam beberapa menit tidak segera diberikan pertolongan, racun akan menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan kematian. Ya, sengatannya berakibat fatal.

sumber : http://www.orbitdigital.net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak