6 Cara Mudah dan Efektif untuk Menghilangkan Grogi atau Nervous

Saat Anda memiliki rencana kencan, ada pertemuan penting atau harus melakukan presentasi yang di depan kelas, Anda tidak bisa benar-benar tenang. Tangan dan kaki gelisah tak berhenti bergerak. Telapak tangan lembab karena keringat, Perasaan menjadi tidak enak. Ini artinya Anda sedang dilanda grogi.

Bagaimana cara mengatasi grogi di depan umum? Apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa grogi yang semakin menjadi-jadi?

Berikut ini adalah beberapa tips cara menghilangkan rasa grogi yang bisa langsung dipraktekkan.


1. Melakukan Persiapan
Jelas melakukan persiapan itu penting. Bila Anda akan melakukan presentasi, pelajari catatan dan apa yang akan dikatakan sebelum naik ke panggung. Jika Anda akan mengadakan kencan, coba pikirkan beberapa topik menarik untuk membuat percakapan menjadi akrab dan hangat.

2. Tanyakan: Apa Kemungkinan Buruk Yang Bisa Terjadi?
Hal buruk apa yang bisa terjadi? Bagaimana hal ini akan berpengaruh dalam jangka panjang? Kemungkinan terburuk kadang tidak seburuk yang dibayangkan. Ajukan pertanyaan sederhana dan letakkan segala sesuatu pada perspektif yang benar sehingga membuat perasaan tenang.

3. Pernafasan Perut
Pernapasan perut adalah cara mengatasi grogi di depan umum yang paling nyaman. Hanya mengambil nafas dan mengeluarkannya selama kurang lebih 5 menit bisa mengubah perasaan Anda dengan cepat. Caranya adalah dengan meletakkan tangan di atas perut kemudian bernafas dalam-dalam melalui hidung. Jika Anda melakukannya dengan benar, akan terasa di tangan Anda. Tarik nafas dan keluarkan sebanyak 30 kali dengan lambat dan dalam.

4. Visualisasikan Dengan Cara Yang Positif
Sebagian besar waktu dihabiskan dengan membayangkan hal buruk yang mungkin saja terjadi. Hal ini tentu bukan cara menghilangkan rasa grogi yang benar, justru membuat kegelisahan dan ketakutan. Jika Anda berpikir akan gagal, maka Anda akan membuat diri sendiri sulit untuk berhasil.

5. Berlatih, Berlatih, Berlatih
Semakin sering Anda berlatih dan menempatkan diri pada situasi yang menegangkan, Anda semakin menjadi percaya diri. Anda sudah pernah berada pada situasi tersebut, Anda cukup tahu apa yang akan terjadi.

Salah satu sumber yang membuat seseorang menjadi grogi adalah terlalu fokus pada apa yang akan dipikirkan orang tentang dirinya, takut dikritik dan takut berbuat tidak sesuai harapan orang lain.

6. Fokus Pada Apa Yang Terjadi Saat Ini
Hal ini berkaitan dengan pernapasan perut, Saat mengambil nafas, rasakan apa yang terjadi sekarang, hanya saat itu juga, proyeksikan diri Anda pada apa yang akan terjadi saat ini. Grogi berasal dari proyeksi negatif tentang apa yang akan terjadi nanti.

Ketika Anda berhasil mengatasi grogi, akan terasa seperti telah dilahirkan kembali sebagai manusia. Saat mengingat kembali cara menghilangkan rasa grogi tadi dan berhasil melaluinya, Anda akan merasa bangga pada diri sendiri juga bahagia karena telah berhasil melakukan hal besar.

sumber : mamaeka

1 Komentar

  1. fokus pada apa yang terjadi saat ini mungkin sangat efektif untuk menghilangkan grogi atau nervous..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak