Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggalkan Induknya

anak kucing minum susu formula. (foto : kucinggue.blogspot.com)
Mungkin suatu waktu saat anda tengah berjalan pulang dari tempat kerja atau kuliah menuju rumah anda, anda menemukan seekor anakan kucing dengan muka memelas sendirian di pinggir jalan ditinggalkan induk dan saudara-saudaranya. Anda berusaha mengabaikannya dan terus melangkah maju, lalu anda mendengarkan suara meongnya yang mengetuk hati nurani anda, dan membuat anda berjalan kembali untuk mengadopsinya.

Bersihkan ia agar bisa melihat dengan baik. Kemudian bersihkan badannya dengan air hangat untuk menghindari dingin, gunakan kapas sebagai alat bantu membersihkan badannya.

1. Jangan memberikan susu yang biasanya diminum oleh orang dewasa kepada anak kucing, pemberian susu manis orang dewasa bisa mengakibatkan rusaknya sistem pencernaan anak kucing.

2. Berikan air susu formula kepada anak kucing. Untuk meminumkannya teteskan perlahan kemulutnya lewat samping mulit, jangan memberikan air susu lurus melalui mulutnya, karena bisa menyebabkan air tadi masuk keparu-paru. Kalau anda susah memberikannya air, gunakan dot khusus untuk memberikan minum anak kucing anda. Kalau anda susah mendapatkan susu formula, gunakan saja air biasa untuk meminum anak kucing.
  • Belikan susu formula untuk bayi berusia 0 - 6 bulan (rendah Laktosa). Banyak tersedia di minimarket. Namun lebih baik lagi kalau dibelikan susu khusus kucing.
  • Anda bisa menggunakan botol bayi untuk meminumkannya kepada si anakan kucing.
  • Susu tersebut hanya untuk satu hari. Kalau sehari tidak habis, ya buang, jangan diberikan lagi untuk keesokan harinya.
  • Perut kucing sangat cepat kenyang, tetapi juga sangat cepat lapar. Nah bijaksanalah dalam memberikan susu tersebut.
  • Berdasarkan pengalaman, si kucing akan menyusu hingga usia 2 bulanan. Setelah itu bisa anda stop susunya. Namun ini hanya pengalaman saya saja, secara lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan anda.
3. Untuk makanan anak kucing ada banyak produk makanan yang tersedia di pasar dan bisa anda berikan kepada anak kucing anda, saya biasanya memberikan produk Whiskas untuk anak kucing yang berumur 0-6 bln kalau tidak salah. Jangan memberikan nasi ataupun yg berat-berat ke anak kucing anda, pencernaannya belum siap untuk menerimanya, salah-salah kucing anda mencret nanti.
sumber : 

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak