Mengapa Saat Berenang Angsa dan Bebek Tidak Pernah Basah Bulunya ?

Duck+Water+Head+Hide+1
PERNAHKAH kamu melihat angsa, atau bebek, atau burung-air yang “berenang” di air, lalu kadang “menyelam” ke dalam air. Tapi apa yang terjadi, mereka tetep “kering” bulu-bulu mereka tidak basah. Kenapa bisa begitu ya? Apakah ada lapisan ”anti” air yang melindungi bulu-bulu mereka? Lalu bagaimana mereka bisa ”mandi” kalau bulu mereka tidak bisa basah begitu?
bulubebek Coba deh amati bagaimana bulu bulu itu memiliki susunan sedemikian rupa sehingga menutupi badan unggas. Seperti sisik ikan, bulu-bulu unggas tersusun rapat dan ”bertumpuk”, sehingga pada saat ada air jatuh ke tubuh mereka, ibarat atap genteng rumah kamu, air akan meluncur di puermukaannya, bukannya ”masuk” ke dalam badan burung.

Jika kamu amati bulu ayam atau burung, maka akan kamu dapati terdapat banyak sekali ”cabang-cabang” di setiap helai bulu, jumlah nya banyak sekali, dan saling kait mengait. Ini juga yang membuat air tidak bisa ”tembus” ke dalam bulu.
feather_detail
Unggas juga memiliki ”salep” yang berupa minyak dari kelenjar tubuhnya di bagian ekor, yang kerap dioleinya ke seluruh tubuh, menjadikannya bulu-bulu itu tidak ”disukai” air.
Saat mandi, unggas akan ”membuka” pertahanan bulunya, mencebur-ceburkan tubuhnya ke dalam air, dan membiarkan air masuk membasahi tubuhnya. Setelah itu mereka akan mengibaskan seluruh tubuhnya sehingga semua air dan kotoran yang menempel akan ”lari” terlepas dari tubuhnya.
Wah ternyata unggas punya ”jas hujan” anti airnya sendiri ya? Tapi dapatkah kamu menjelaskan bagaimana dengan nasib ayam yang kehujanan dan kelihatan ”layu”? Apakah mereka basah kuyup?
sumber : bocah

4 Komentar

  1. hmm, karena unggas memiliki caranya sendiri untuk mebuat bulunya tetap kering..

    BalasHapus
  2. memang benar kak, angsa atau bebek punya cara tersendiri untuk membuuat bulunya tetap kering

    BalasHapus
  3. MID AUTUMN FESTIVAL 2021

    AKAN BERLANSUNG MULAI TGL 16 SEPT - 14 OKT

    ▬DENGAN HADIAH TOTAL TURNAMEN SEBESAR Rp 525.000.000 DAN AKAN DI BAGIKAN KE PEMAIN YANG MEMILIKI SKOR TERTINGGI▬

    BERIKUT PERMAINAN YANG BERPARTIPASI ADALAH
    ♦♦LEGEND OF THE FOUR BEATS
    ♦♦FU FORTUNES MEGAWAYS
    ♦♦MAJESTIC MEGAWAYS
    ♦♦PEARL LEGEND HOLD AND WIN
    ♦♦BOOK OF CAI SHEN

    SEGERA BERGABUNG DAN JADI LAH PEMENANG NYA!

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak