Tips Mengawetkan Bahan Makanan Tanpa Kulkas

Kulkas membantu untuk mengawetkan, mendinginkan, atau membekukan makanan dan minuman. Namun, kulkas juga bisa menjadi sarang bakteri dan sumber penyakit. Jika tak ada kulkas, bahan makanan bisa disimpan dengan cara lain.
Selain memerlukan daya listrik, kulkas juga perlu dipelihara, dibersihkan secara rutin dan dicek isinya. Jika tak ada kulkas, Sarah Londsdale lewat situs gardenista.com mencoba menawarkan ide Jihyun Ryou untuk menyimpan bahan makanan dengan cara ini.


1. Telur 
Buat rak kayu dengan lubang-lubang di kiri kanan untuk menaruh telur. Di bagian tengah beri cekungan untuk menaruh wadah berisi air. Wadah ini berfungsi untuk mengetes kesegaran telur. Telur punya jutaan pori-pori di cangkangnya dan bisa dengan mudahnya menghisap bau, terutama jika disimpan dalam kulkas. Jika telur tenggelam dalam air berarti masih segar.


2.Kentang dan Apel

Rak ini terdiri dari dua susun. Bagian bawah yang agak tertutup untuk menyimpan kentang. Rak atasnya untuk menyimpan apel. Gas emit ethylene dalam apel dapat membuat buah dan sayuran menjadi masak. Dengan menaruh apel dia atasnya, kentang dijamin tidak akan bertunas.

3. Wortel dan Daun Bawang
Sayuran biasanya ditaruh posisi horizontal dalam keranjang. Padahal posisi vertikal yang paling ideal untuk menyimpan sayuran, karena bisa menyimpan energi dan menghasilkan kesegaran yang tahan lama. Tancapkan wortel dan daun bawang di dalam kotak pasir agar terjaga kelembapan dan kesegarannya.
sumber : kaskus

2 Komentar

  1. Wah makasih infonya, kemarin sempat ditawari pen jual display cooler itu sama kayak kulkas kan ya ? bedanya apa :o

    BalasHapus
  2. ohh begitu ya gan, terimakasih untuk tipsnya..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak