Wah, Uniknya Perpustakaan Berjalan di Kenya

Perpustakaan berjalan di Kenya (bbc.co.uk)
Siapa sangka, ternyata di negara eksotis Kenya, anda bisa melihat salah satu perpustakaan terunik di dunia. Perpustakaan ini bisa berpindah tempat bahkan melewati gurun pasir. Para pustakawan membawa buku-buku untuk orang di pedalaman, uniknya mereka tidak menggunakan kendaraan, tapi berjalan kaki sambil menggandeng unta yang dengan punggungnya buku-buku diangkut.

Perpustakaan itu disebut Camel Library, program perpustakaan berjalan yang dipelopori Kenya National Library Service (KNLS). Keunikan dari Camel Library ini menjadi daya tarik sekaligus menggugah hati wisatawan. Mengutip situs Kenya National Library Service, Rabu (26/2/2014), Camel Library bertujuan untuk mengantar buku-buku ke wilayah pedalaman terutama timur laut Kenya.

Selain membawa buku-buku dalam kotak khusus, unta-unta itu juga membawa tenda serta tikar untuk sekolah nomaden (berpindah-pindah) di pedalaman. Barang-barang perlengkapan para pustakawan untuk perjalanan melintasi daerah pedalaman dan gurun pasir juga tak ketinggalan mengisi punggung unta itu.

Perpustakaan unik, Camel Library ini menyorot perhatian banyak pihak bahkan Sebuah film dokumenter tentang Camel Library pernah memenangkan penghargaan di Jerman, memacu lebih banyak pihak untuk mendonasikan buku-buku kepada mereka.

Camel Library di Kenya (bbc.co.uk)
Tapi jangan salah, Camel Library ini sudah ada sejak 1985. Pihak KNLS mengirim 5.000-6.000 pustakawan beserta unta-unta untuk misi mulia itu. Kalau anda traveling di gurun pasir Kenya, Anda beruntung jika bertemu 'perpustakaan berjalan' tersebut! 
Perpustakaan unik di Kenya (bbc.co.uk)
Perpustakaan Camel Library membawa buku untuk daerah pedalaman. (bbc.co.uk)
diolah dari sumber detik

2 Komentar

  1. wahh perpustakaan yang sangat unik, bahkan sudah ada selama itu..

    BalasHapus
  2. mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
    pin bb : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak