Wah, Ada Virus Komputer Baru yang Nyebar Lewat Udara

Virus komputer. © Westfordcomputer.com
Seperti yang kita ketahui, umumnya virus komputer tersebar melalui jaringan internet, flash disk yang keluar masuk komputer lain, koneksi bluetoot, dan lain-lain. Tapi siapa sangka, bagaikan penyakit yang menular cepat ternyata ada virus yang menyebar lewat udara. Peneliti asal Inggris mengaku telah membuat sebuah virus komputer pintar. Virus ini bisa tersebar seperti penyakit hanya lewat perantara udara.

Seperti yang dilansir oleh Cnet (27/2), virus yang dibuat oleh peneliti dari University of Liverpool ini disebut sebagai Chameleon dan bisa tersebar dengan menempel pada titik akses jaringan seperti WiFi. Dengan begitu, persebarannya pun bisa lewat udara, tak seperti virus kebanyakan.

"Koneksi WiDi merupakan target bagi hacker komputer karena keamanannya tidak terlindungi, sehingga sulit untuk mendeteksi virus," kata peneliti dengan nama Alan Marshall.

Peneliti ini kemudian mencobanya pada jaringan WiFi di kota Belfast dan London. Hasilnya, memang benar Chameleon bisa tersebar hanya dengan menempel ke satu titik WiFi ke titik WiFi lainnya dan tetap tidak bisa dideteksi oleh antivirus.

"Saat Chameleon menyerang titik akses, tidak akan terganggu kinerja dari titik tersebut, namun data dan laporan penting di sana akan tercuri," kata peneliti.
sumber : Merdeka

1 Komentar

  1. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan menangnya?
    Mari bergabung bersama kami di IONQQ'NET , main poker tanpa Robot 100% player vs player,,,
    Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak