Wow, Ada Batu Raksasa Di Tengah Lautan

Inilah Rockall (Amusing Planet)
Di hamparan laut yang luas tak pernah sepi dari pesona alam menarik hati. Di lepas pantai daratan Skotlandia terdapat pulau yang sedikit aneh tak seperti pada umumnya. Daratan tanpa penghuni itu berbentuk batu di tengah laut dan jadi tempat traveler untuk melihat burung. Yang aneh, batu ini malah diakui oleh 4 negara. Lho kenapa?

Pulau kecil berbentuk batu itu bernama Rockall, terletak sekitar 480 km dari lepas pantai barat daratan Skotlandia.

Rockall memiliki lebar 25 meter dengan tinggi 21 meter. Memang tidak ada yang istimewa dari keberadaan pulau ini. Hanya saja yang membuatnya istimewa adalah letaknya. Keberadaan Rockall diakui berada di 4 negara dan seluruh negara ini berjuang untuk mendapatkannya.
Pulau Rockall. (Amusing Planet)
Dilongok dari Amusing Planet, Jumat (14/3/2014) ternyata kepemilikan pulau ini sudah direbutkan sejak 1 abad lalu. Keempat negara tersebut adalah Inggris, Irlandia, Islandia, dan Denmark.

Alasan Rockall berada di lokasi strategis menjadi dasar perebutan. Usut boleh usut, ternyata Rockall berada di area yang kaya dengan ikan, cadangan minyak dan gas bumi.

Terlepas dari itu semua, Rockall merupakan pulau kecil yang berbentuk seperti piramid. Jika datang ke sana, turis hanya bisa menemukan moluska sebagai penghuninya. Memang, hanya terlihat seperti batu dan tidak ada manusia sama sekali di sana. Apalagi, kadang gelombang laut yang kencang sering menghantamnya.

Selain itu, aneka burung laut juga mengisi Rockall. Kebanyakan dari mereka menjadikan pulau berbentuk batu ini sebagai tempat beristirahat. Untuk traveler pecinta burung, Rockall bagaikan surga.

Daratan ini tak berpenghuni (Amusing Planet)
sumber: Detik Travel

2 Komentar

  1. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak