Penyamaran Sempurna, Ulat ini Dapat Berubah Bentuk Menjadi Ular

Setiap hewan punya senjata beraneka ragam untuk melindungi diri dari ancaman hewan lain. Tahukah anda, ada salah satu jenis ulat yang mempunyai senjata unik untuk menakut-nakuti hewan lain yang mengganggunya dengan menyamar berubah bentuk menjadi ular. Penyamarannya luar biasa, bahkan 9 dari 10 orang yang melihatnya akan tertipu dan mengatakan dia adalah ular.
Photo: Janzen and Hallwachs Database
Adalah larva dari ngengat Hemeroplanes Triptolemus yang dapat ditemui di Amerika Selatan, Afrika, dan Amerika Tengah. Larva merupakan bentuk muda hewan yang perkembangannya melalui metamorfosis, seperti pada serangga dan amfibia. Bentuk larva bisa sangat berbeda dengan bentuk dewasanya. Larva serangga kelompok kupu-kupu dan ngengat dikenal luas sebagai ulat. Larva lalat dikenal sebagai belatung. Larva kodok dikenal dengan sebutan berudu, dan lain sebagainya.
Hemeroplanes Triptolemus.(sumber: silkmoths.bizland.com)
Saat merasa terancam, ulat atau larva Hemeroplanes Triptolemus akan menyamar berubah bentuk menjadi ular dengan menggelembungkan segmen tubuh anterior mereka yang bentuknya menyerupai ular, lengkap dengan sisik dan tampilan mata ular menakutkan. Hewan yang mengancamnya akan tertipu dan lari ketakutan.
Photo: Janzen and Hallwachs Database
Tentunya mereka tidak memiliki taring yang nyata layaknya ular, sehingga mereka tidak bisa benar-benar menyerang hewan lain yang mengancam. Meskipun demikian, penampilan seram mereka cukup meyakinkan untuk menakut-nakuti lawannya.
Photo: Janzen and Hallwachs Database
Photo: Janzen and Hallwachs Database
Terlihat menakutkan bukan? Penasaran dengan penyamaran ulat itu? Lihat videonya di sini.

3 Komentar

  1. sangat seempurna hehhe

    http://www.cyberphreakeradf.com/

    BalasHapus
  2. saya gak nyangka kalau itu adalah seekor ulat, tapi kalau di lihat-lihat memang ulat, saya kira benar-benar ular..

    BalasHapus

  3. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak