Seni Arsitektur Besar India Kuno, Inilah Candi Megah Bertabur Warna

Candi, sebuah bangunan yang erat kaitannya dengan kegiatan keagamaan bagi agama Hindu dan Budha. Difungsikan sebagai tempat peribadatan, candi dibangun dengan desain arsitektur sedemikian rupa dengan keindahan dan kemegahannya. Umumnya candi yang biasa kita jumpai keseluruhan hanya berwarna alami sesuai bahan pembuatannya. Ada yang hitam (berbahan bebatuan andesit) dan ada juga yang berwarna merah kecoklatan (berbahan batu bata merah).
Image source: worldhindunews.com
Namun dari beragam candi yang ada di dunia ini ternyata ada candi yang luar biasa megah didesain dengan penuh warna. Seluruh relief dihiasi dengan aneka ragam warna. Candi tersebut yaitu, 'Meenakshi Temple', yang terletak di daerah Madurai, Tamil Nadu, India.

Selain terkenal dengan Taj Mahal, India juga tak kalah populer memiliki ribuan candi dengan kemegahannya. Salah satunya yakni Candi Meenakshi ini. Meenakshi Temple merupakan contoh seni arsitektur besar India kuno. Menurut literatur Tamil, candi ini dibangun pada awal abad ke-7. Tapi sebagian besar antara abad ke-12 dan 18. Awalnya dibangun oleh Kulasekarer Pandya, kemudian dilanjutkan seperti yang terlihat saat ini oleh Raja Nayakas. Raja yang memerintah Madurai dari 16 ke abad ke-18.
Image source: matadornetwork.com
Terdiri dari 2 candi utama yang bertahtakan emas, 12 gopurams (menara di pintu masuk candi), dan 985 mandapams (lorong). Rata-rata ketinggian menara candi sekitar 45-50 meter. Relief, patung, serta lukisan megah penuh warna bertabur di seluruh bagian candi.

Candi yang tepatnya berada di tepi Sungai Vagai ini didedikasikan untuk Meenakshi atau permaisuri Dewa Siwa. Menurut cerita mitologi, di candi ini Dewa Siwa atau Sundareswarer dan Dewi Meenakshi menikah.

Image source: wanderlustindia.com
Kurang lebih terdapat 330.000 patung bertebaran di candi ini. Kemegahan arsitekturnya membuatnya menjadi magnet kuat bagi para wisatawan. Per hari dipadati sekitar 15.000 pengunjung, bahkan di hari jum'at sekitar 25.000 orang.

Setiap tahun diadakan festival pernikahan Dewi Meenakshi dan Dewa Siwa, yang dikenal dengan sebutan 'Meenakshi Tirukalyanam'. Tepatnya di bulan April, festival tersebut berlangsung sekitar 10 hari yang menarik kedatangan hingga 1 juta pengunjung.

Image source: thehindu.com
Image source: redbubble.com
Image source: redscarabtravelandmedia.wordpress.com
Image source: sandhyamanne.com
Image source: greavesindia.co.uk

4 Komentar

  1. arsitektur candinya sangat unik dan menarik..

    BalasHapus

  2. ingin mendapat kejutan setiap hari nya,,, mari gabung di ionqq'net| ada kejutan menarik loh di bulan september ini
    jangan sampai terlambat ya|line : ionqq

    BalasHapus

  3. Thanks for the information, good information and very helpful for others.it was great reading this article! I would like to know more! keep in touch and stay connected! Also write some article on business funding.

    BalasHapus
  4. Thanks for making such a cool post which is really very well written.will be referring a lot of friends about this.Keep blogging also write a blog about bitcoin mining could be legal in India

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak