5 Alasan Sebaiknya Tidak Bersihkan Wajah dengan Sabun Batang

Di iklan-iklan layar kaca sudah sering kita lihat yang namanya sabun batang untuk mandi jelas sekali biasanya digunakan untuk membersihkan tubuh. Namun tak jarang pula orang menggunakannya untuk membersihkan wajah sekalian, misal karena sabun batang dianggap juga menghasilkan banyak busa dan wangi, praktis, irit, dan lain-lain.

Tapi tahukah Anda, mengingat secara umum sabun batang mengandung bahan kimia yang terdiri dari pewarna, soda kaustik, pewangi, pengawet, dan juga penghasil busa (deterjen), maka sabun batang tidaklah baik untuk kulit wajah yang lebih sensitif dan tipis dibanding kulit bagian tubuh lain.
 

Lantas, apa dampaknya bila menggunakan sabun batang untuk wajah? Dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah 5 alasan kenapa sebaiknya tidak memakai sabun batang untuk wajah Anda.



Image source: teakpalace.com

1. Kulit bisa menjadi kasar dan kering
Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang kandungan bahan kimia pada sabun batang, bahan tersebut dapat membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya. Sehingga kulit menjadi kering dan gatal-gatal.

2. Dapat menghilangkan sistem kekebalan kulit
Sering membersihkan wajah dengan sabun batang, maka kulit akan melemah dan tidak tahan terhadap serangan bakteri. Akibatnya jerawat bisa mudah muncul di kulit.


Image source: blog.tokopedia.com
3. Membuat bakteri baik lemah
Tak semua bakteri itu buruk. Di tubuh manusia terdapat bakteri yang baik dan buruk. Bakteri baik membantu mengatasi infeksi, dan mencegah tidak terjadi infeksi di kulit.

Bila menggunakan sabun batang untuk wajah bisa membunuh bakteri jahat dan bakteri baik sekaligus, sehingga kulit rentan alami infeksi.

4. Mengganggu keseimbangan pH
pH pada tubuh manusia atau tingkat keasaman dan basa kulit akan mempengaruhi pertumbuhan bakteri. Jika keseimbangan pH sudah tak lagi terjaga, maka tumbuhnya bakteri akan tidak terkendali.

5. Membuat Vitamin D hilang
Dalam kasus yang parah, anda bisa kehilangan vitamin D dalam kulit akibat rusaknya pH, keseimbangan imun, dan bahan kimia lain yang ada di sabun batang.

Itulah 5 hal yang perlu untuk Anda perhatikan bila ingin membersihkan wajah dengan sabun batang. Akan lebih baik bila menggunakan facial foam atau pembersih khusus wajah yang kandungan formulanya tidak merusak kulit wajah. 

Source: Boldsky via Sidomi

16 Komentar

  1. Ternyata tidak boleh ya,,, saya baru tahu

    BalasHapus
  2. Jadi harus pake sabun khusus untuk wajah,,

    BalasHapus
  3. sabun badan memang sebaiknya jangan di gunakan untuk wajah..

    BalasHapus
  4. Lorem Ipsum is simply dummy Jasa SEO text of the printing Pakar SEO and typesetting industry Jasa SEO Website. Lorem Ipsum has been the Jasa SEO Terpercaya industry's standard dummy text ever since the 1500s Jasa SEO Terbaik, when an unknown printer Jasa SEO Murah took a Jasa SEO Berkualitas galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into kursus bisnis online electronic Praktisi SEO typesetting, remaining Jasa SEO Depok essentially unchanged. It was popularised Master SEO in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages seo artikel, and more recently with desktop publishing software like Aldus Jasa SEO Profesional PageMaker including versions of Lorem Ipsum Jasa SEO Indonesia.

    BalasHapus
  5. Buat yang tidak ingin repot optimasi sendiri, kini bisa menggunakan Jasa SEO Murah.

    Nah, kalau cari Jasa SEO Terbaik yang ditangani oleh Pakar SEO Terbaik, Anda bisa menghubungi SEO Sakti.

    Jasa SEO dari SEO Sakti ditangani oleh Master SEO, Pakar SEO dan Ahli SEO Terbaik yang sanggup menaikkan peringkat website perusahaan atau bisnis online tampil di halaman 1 Google!

    Salah satu klien yang pernah ditangani oleh SEO Sakti adalah dpawon.com untuk keyword Catering Jakarta.

    BalasHapus
  6. Apakah benar jika menggunakan sabun batang kulit kita akan menjadi cepat berkeriput akibat dari vitamin yang hilang dalam kulit wajah?

    BalasHapus
  7. Apakah sabun batang mampu memberikan kesan buruk pada wajah? Misalnya wajah menjadi brudul??

    BalasHapus
  8. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
  9. Dokter saya juga bilang kalo Ph dalam kandungan sabun wajah denga sabun yang untuk badan itu beda. Karena sabun muka itu teksturnya harus lebih soft

    BalasHapus
  10. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak