Bukan Lift Biasa, Lift ini Khusus untuk Angkut Kapal

Nampak sebuah bangunan gedung menjulang tinggi di tepi sungai. Tentunya wajar bila membuat orang penasaran dan memancing rasa ingin tahu terhadap bangunan itu. Bukan sembarang gedung pastinya, melainkan sebuah sarana transportasi unik yang berupa lift khusus untuk angkut kapal.

Disebut dengan lift kapal 'Strepy-Thieu'. Terletak di provinsi Hainaut, Belgia, tepatnya berada di kanal air Canal du Centre yang menghubungkan sungai Meuse dan sungai Scheldt. Kedua sungai tersebut dihubungkan untuk tujuan penting dimana dulu menjadi jalur air untuk pengangkutan batu bara yang secara umum sebagai pembangunan ekonomi daerah.

Kedua sungai berada pada ketinggian yang berbeda yang mana mencapai 96 meter. Sehingga untuk mengatasi masalah itu, keluarlah sebuah gagasan pembangunan lift khusus untuk kapal oleh seorang insinyur ternama, Edwin Clark. Kemudian dibangunlah empat lift tersebut untuk naik dan turun kapal serta Canal du Centre yang dibuka pada tahun 1917.


Kini lift kapal ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Belgia. Lihat saja, sekitarnya dikelilingi pemandangan indah taman hijau dan sungai yang bersih. Selain itu, jika Anda berkunjung ke sana, Anda juga dapat mencoba lift kapal tersebut sekaligus melihat langsung cara kerjanya.

Perlu diketahui, Strepy-Thieu dengan ketinggian bangunan lift hingga 73,15 meter membuatnya menjadi lift kapal tertinggi di dunia. Dengan arsitekturnya yang mengagumkan serta nilai sejarahnya yang tinggi, UNESCO menetapkannya sebagai salah satu World Heritage Site (situs kekayaan dunia).


 Source: Amusing Planet

3 Komentar

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus
  3. yuk gabung bersama kami di ^ionQQ^com
    menangkan hadiah'nya hingga jutaan rupiah
    tunggu apalagi guys, yuk daftarkan segera diri anda sebelum terlambat..
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak