Makanan ini Tak Mengenal Kadaluarsa, Bahkan Mampu Bertahan Hingga Berabad-abad

sumber: pujasera46.wordpress.com
Seperti yang kita semua tahu bahwa yang namanya makanan itu tidak ada yang berumur panjang. Setiap makanan bila termakan oleh waktu akan mengalami kadaluarsa, basi, dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Kenapa makanan bisa menjadi basi? Karena bila makanan diletakkan di sembarang tempat, tidak dirawat dengan baik maka jutaan makhluk-makhluk mikroorganisme atau juga disebut dengan bakteri akan langsung mencengkeram dan menguraikannya. Setiap proses penguraiannya akan mengakibatkan perubahan baik secara kimia maupun fisik.


Namun tak disangka, ternyata ada satu makanan yang mampu bertahan sangat lama, tak mengenal kata kadaluarsa atau basi. Makanan apa itu? yaitu 'madu'.

Seperti yang dilansir Honey.com, bahwa madu yang disimpan dalam sebuah tempat tertutup akan tetap stabil tak berubah kualitasnya dalam jangka waktu dekade (10 Tahun) atau bahkan abad (100 Tahun). Bahkan sebuah sumber lain mengatakan jika para ahli purbakala menemukan sebuah fenomena unik, yakni mereka menemukan botol-botol madu mesir purbakala yang di dalamnya masih terdapat madu serta rasanya pun masih enak, padahal mungkin sudah bukan lagi hitungan abad lagi, sudah ribuan tahun!

sumber: kjmcountrygardens.com
Fenomena ini tentu membuat anda penasaran. Sebenarnya apa yang membuat madu ini bisa begitu abadi? bahkan dalam hitungan abad pun madu masih bisa dikatakan stabil dan tak menurun kualitasnya.

Ada suatu teori yang menyebutkan bahwa mikroorganisme semisal bakteri dan yang lainnya itu tidak dapat hidup di lingkungan yang memiliki tingkat keasaman(PH) sangat tinggi, nah ternyata madu ini memiliki kandungan PH yang tinggi, yakni sekitar 3,5 sampai 4,2 hal ini mengakibatkan mikroorganisme sulit untuk bereproduksi atau berkembang biak, selain itu madu juga dipercaya memiliki kandungan air yang sangat rendah sehingga makin meminimalisir kemungkinan mikroorganisme tersebut dapat hidup disana.
 

Source: Honey via Thecrowdvoice | Chem-is-try.org

4 Komentar

  1. Yang membuat penasaran untuk membuka dan terus mambacanya itu lo,ternyata tidak salah apa di duga

    BalasHapus
  2. Subhanallah.. keren gan

    BalasHapus
  3. subhanalloh, ternyata madu tidak mengenal kadaluarsa meski sudah lama tersimpan..

    BalasHapus

  4. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak