Ada Kompetisi Olahraga Bergengsi, Ada Spanyol Yang Selalu Disegani

         5 tahun terakhir dunia selalu diguncang berita tentang prestasi gemilang Spanyol yang merajalela di dunia olahraga. Di berbagai cabang olahraga populer, Spanyol tak pernah absen bertengger sebagai jawara. Atlet-atlet bintang berkebangsaan Spanyol bermunculan, di antaranya yaitu :
1. Di cabang tenis sebut saja Rafael Nadal, ia pernah menyandang gelar petenis peringkat pertama dunia, juara diberbagai grand slam, dan juga merengkuh medali emas tenis putra individu pada olimpiade 2008.

2. Di cabang balap Moto GP siapa yang tidak kenal Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez. Berbagai prestasi telah mereka dapatkan.
3. Di cabang balap FI ada Fernando Alonso yang pernah meraih juara dunia F1 2005 dan 2006.
4. Di cabang reli Mobil ada Carlos Sainz yang memenangkan kejuaraan reli dunia (WRC) pada tahun 1990 dan 1992.
5. Di cabang balap sepeda ada Alberto Contador yang pernah menjuarai ajang balap sepeda paling bergengsi, Tour de France sebanyak 3 kali, yaitu tahun 2007, 2009, 2010.
6. Di cabang bola basket spanyol menjuarai  FIBA 2006. Ada 2 bintang pebasketnya yang populer di NBA, yaitu Gasol bersaudara.
 7. Di cabang olahraga paling populer di dunia pun Spanyol juga merajai, yaitu cabang sepakbola. Timnas Spanyol yang terkenal dengan sebutan La Furia Roja telah banyak menorehkan gelar prestisius, yaitu EURO 2008 dan 2012, Piala Dunia 2010, dan yang belum lama kita saksikan Timnas Spanyol Junior U-21 juga menyabet trophy EURO U-21 2013. Hingga saat ini (2013) La Furia Roja masih menduduki peringkat 1 FIFA. Atas sederet gelar bergengsi yang secara beruntun mereka dapatkan, sejumlah produser film kelas atas dunia bermunculan menawarkan untuk mengangkatnya menjadi sebuah film. Banyak yang memprediksi film ini akan sukses di kancah perfilm-an Hollywood.
        Banyak orang terkagum-kagum melihat prestasi Negeri Matador itu. Prestasi itu bukanlah instant tentunya. Sejenak mundur ke belakang, sebelumnya prestasi olahraga Spanyol ini biasa-biasa saja, namun setelah olimpiade Barcelona 1992 kiprah olahraga Spanyol lambat laun menunjukkan prestasinya. Dapat dikatakan olimpiade Barcelona 1992 merupakan tonggak kemajuan olahraga Negeri Matador itu. Dari tahun 1992 hingga saat ini kurang lebih berkisar 2 dekade atau 20 tahun-an. Dalam rentang waktu itulah Spanyol menjalani proses peningkatan dalam bidang olahraga yang hasilnya seperti sekarang ini. sssKuncinya adalah pembinaan dan pencarian bakat sejak usia belia, selain itu juga didukung dengan management olahraga yang baik serta penyediaan sarana-prasarana olahraga yang berkualitas. Hal ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan oleh negara kita dimana hingga saat ini belum menunjukkan kemajuan signifikan dalam bidang olahraga, terutama di cabang sepakbola.

Sumber : http://olahraga.kompasiana.com/sport/2013/04/22/olahraga-kita-tak-seindah-gitar-spanyol-553947.html

9 Komentar

  1. b0la, c4sin0, sabung ayam, dll hanya di Update Betting, yukk buruan..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak