Tips Memotret Tetesan Air

tetesair
Pernah terlintas tidak di pikiran anda untuk memotret hal yang mungkin  setiap hari bisa anda temui? Jawabannya, apa ya? Oke, kali ini saya ingin memberi sedikit cara bagaimana kita bisa memotret tetesan air. Mengapa air? Karna kalau kita bisa mengambil tetesan air dengan sempurna itu bukan hanya menjadi hal yang bagus, tapi bisa di pandang dengan indah. So lets we learn that together.



Untuk melakukan tips ini, mungkin anda bertanya-tanya saya harus mempersiapkan apa aja sih? Jangan panik, ini cukup simpel kok, anda hanya harus memegang kamera dengan shutter yg cukup cepat, dan ini sangat tidak mengeluarkan biaya yang banyak, cukup dengan air yang mengalir dari keran di rumah anda, atau di taman. Mungkin di taman bisa lebih bagus karna akan memberikan kesan hijau nantinya pada background anda.

Dan berikut ini beberapa tips yang anda harus lakukan untuk memotret tetesan air dengan sempurna;
  • Aturlah derasnya air yang keluar dari keran, sehingga setiap tetesan air yang keluar dari keran bisa teratur. Jangan lupa siapkan juga wadahnya untuk menampung.
  • Jika ingin memasukan objek bayangan pada tetesan air anda, pilih background yang sesuai dengan keinginan anda, contoh bunga.
  • Objek background di tempatkan di belakang keran air, dan posisikan terbaik (atas bawah) agar hasil bayangannya muncul secara tepat.
  • Settingan pada kamera harus menggunakan manual fokus, fungsi ini agar anda dapat mengatur seberapa lambat shutter speednya.
  • Atur fokus sampai tepat dan mendapatkan foto cipratan air sesuai harapan. Saat mengatur fokus memang sedikit sulit, untuk mempermudah gunakan benda seperti pipet atau sedotan yang di tempatkan di jalur air menetes. Setelah fokus baru sedotannya bisa kita ambil kembali.
  • Gunakan tripod, dan kalau ada kabel relase lebih baik untuk menghindarkan dari getaran.
  • Jika anda memiliki lensa makro, gunakanlah karna itu akan sangat menunjang hasil foto anda.
  • Latihan, menjadikan hasil anda sempurna. Fotografi air ini membutuhkan kesabaran yang extra.
  • Untuk settingan kamera, seperti diafraghma tergantung keinginan, tetapi usaakan shutter speed anda harus cepat agar cepat pula membekukan objek tetesan air.
Naah itu dia tadi cara bagaimana anda bisa membuat tetesan air dengan hasil yang keren, selamat mempraktekan, semoga berhasil dan jika berhasil anda bisa kirim foto anda ke kami, semoga artikel ini bermanfaat.

sumber : http://www.bisnisfotografionline.com/2013/11/tips-memotret-tetesan-air/

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak