Haul Gusdur ke-4, Presiden SBY Akan Hadir di Tebuireng

Gusdur. (foto :beritajatim.com)
Puncak peringatan haul ke-4 wafatnya mantan Presiden RI K.H Abdurrahman Wahid yang dikenal dengan Gus Dur, akan berlangsung pada 3 Januari 2014 di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Acara puncak haul Gus Dur rencananya akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. SBY didaulat untuk mengisi ceramah pada peringatan malam hari di tengah keluarga Gus Dur, para kyai dan ribuan masyarakat umum yang menghadiri haul Gus Dur.

Kabar kepastian hadirnya SBY, seperti yang disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Masruriyyah, Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH. Agus Muhammad Zaki, S.Ag.

"Seperti yang diinfokan Gus Solah bahwa SBY akan hadir dan memberikan ceramah tentang Gus Dur di acara haul nanti," ujar Gus Zaki yang sepupu Gus Dur itu kepada Ayogitabisa.com.

Gus Zaki mengungkapkan pihak keluarga Tebuireng dan pemerintah daerah setempat telah melakukan kordinasi dengan pihak istana negara terkait jadwal kehadiran SBY.

"Agenda haul ini kami undur untuk menyesuaikan agenda dari presiden ke Jawa Timur. Begitu dapat kepastian baliho-baliho dan media, pengumuman telah kami sebar untuk memberitahukan agenda SBY di Tebuireng," imbuhnya.

Selain disirami ceramah presiden, haul juga dikhidmatkan dengan acara tahlil akbar usai salat Isya. Sebelumnya, rangkaian peringatan empat tahun wafatnya mantan Ketua Umum PBNU itu akan dimeriahkan beberapa kegiatan. Di antaranya, pagelaran seni barongsai dan liang-liong oleh komunitas Tionghoa ditambah penampilan hadrah 1.000 rebana.

Paket peringatan Haul Gus Dur sendiri dimulai 22 Desember 2013. Diawali pertemuan majelis pengasuh pondok pesantren se-Indonesia. Pertemuan itu akan diisi dialog budaya menghadirkan budayawan Emha Ainun Najib. Peserta juga akan diajak nonton bareng film 'Sang Kiai', yang berkisah tentang perjuangan pendiri Pesantren Tebuireng dan Pendiri NU KH Hasyim Asyari melawan penjajah.

sumber : ayogitabisa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak