Luncurkan Fitur Baru, Facebook Dituduh Tiru Fitur Twitter ?

(Foto: Itproportal)
Facebook memulai debut fitur Trending baru. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui topik obrolan apa yang sedang ramai dibicarakan di media sosial tersebut.

Dilansir Itproportal, Sabtu (18/1/2014), fitur ini juga bisa membantu pengguna menemukan lebih banyak konten. Pengguna PC desktop di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India dan Australia akan dapat melihat kotak Trending baru di sisi kanan atas pada homepage.

Fitur baru ini dilambangkan dengan tanda panah biru berlekuk-lekuk. Topik yang ramai dibicarakan bisa seputar orang-orang seperti Bruce Springsteen, Rex Ryan hingga event seperti Academy Awards, Westminster Kennel Club Dog Show dan tempat tertentu, J.C. Penney.

Setiap topik disertai dengan headline tebal dan penjelasan mengenai mengapa topik obrolan itu sedang ramai. Pengguna juga bisa mengklik pada judul untuk membuka informasi terpisah dari artikel, video, foto, update status dari teman, halaman publik dan halaman lainnya.

Persis seperti fungsi Trending Topics populer di Twitter, Facebook menggunakan algoritma untuk menyoroti topik yang menunjukkan peningkatan popularitas. Fitur ini secara terus-menerus dan otomatis akan memperbarui sesuai dengan popularitas topik obrolan.

"Daftar (topik tren) ini pribadi, termasuk topik-topik berdasarkan pada hal-hal yang Anda minati dan apa yang tren di Facebook secara keseluruhan," tutur manajer teknik Facebook, Chris Struhar.

Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu dikatakan meniru jejak Twitter, yang pertama kali mempopulerkan fitur hashtag. Kini, Facebook menggunakan fitur Trending Topics, di mana fitur tersebut juga diterapkan oleh website Quora, YouTube dan Google+.
sumber : okezone

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak