Siapa Sangka, Ternyata Ada Bunga Mawar Berwarna Hitam Pekat Nan Cantik

Mawar hitam cantik di Desa Halfeti, Turki (Oddity Central)
Dunia ini memang menyimpan sejuta warna. Hari berganti hari beragam kejutan hadir seolah tanpa henti. Kali ini kejutan itu adalah bunga mawar. Siapa sangka, setelah munculnya mawar berwarna biru kini muncul bunga mawar berwarna hitam pekat alami.
 

Mawar hitam nan cantik ini hanya ditemukan di Halfeti, desa mungil di Provinsi Sanliurfa, Turki. Pesona menawan hitam pekat mawar ini memikat hati wisatawan dari berbagai belahan dunia. Mereka tertarik datang ke sana demi mawar super langka itu.

Dalam film, mawar hitam sering melambangkan sihir atau ilmu hitam. Tapi tahukah Anda, mawar berwarna hitam ini sungguhan ada. Traveler bisa menemukannya di Turki.
(foto: Oddity Central)
Mawar ini adalah bunga musiman, hanya mekar pada musim panas dalam jumlah yang sedikit. Itulah mengapa mawar hitam ini sangat langka.

Mengutip dari laman Oddity Central, mawar ini berwarna merah pekat saat pertama mekar di musim semi. Namun makin lama, warnanya semakin menghitam. Warga Turki menganggap mawar Halfeti sebagai simbol dari misteri, harapan dan keinginan, juga kematian dan kabar buruk.

(foto: Oddity Central)
Meski begitu, mawar ini berhasil menggaet turis dari berbagai belahan dunia untuk menyambangi Desa Halfeti. Mawar ini tumbuh berkat tingkat keasaman dan kesuburan tanah, mengingat air di Desa Halfeti berasal dari Sungai Eufrat.

Pada 1990-an, sebuah bendungan yakni Birecik Dam dibangun di Sungai Eufrat. Warga Desa Halfeti pun pindah ke wilayah Desa Karaotlak, sekitar 10 Km dari Desa Halfeti lama. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya pertumbuhan mawar hitam.

(foto: Oddity Central)
Namun pemerintah setempat menggalakkan segala cara untuk membudidayakan mawar hitam ini. Benih-benih mawar hitam dibudidayakan di rumah kaca. Kini tiap musim panas, turis berbondong-bondong menyambangi Halfeti untuk melihat mawar hitam yang sangat cantik ini.
foto: Rocketnews24
sumber: Oddity Central via travel.detik

2 Komentar

  1. saya baru tahu kalau ada bunga mawar hitam, bunganya terlihat indah meskipun berwarna gelap..

    BalasHapus
  2. yuk gabung bersama kami di ^ionQQ^com
    menangkan hadiah'nya hingga jutaan rupiah
    tunggu apalagi guys, yuk daftarkan segera diri anda sebelum terlambat..
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak