Wuih, Muncul Tomat Hitam yang Lebih Kaya Manfaat

sumber: www.plant-world-seeds.com
Di zaman modern seperti saat ini peran kemajuan teknologi sering kali menciptakan berbagai macam keanehan yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Setelah sebelumnya muncul wortel ungu, tikus berkicau layaknya burung, mawar hitam dan biru, dan lain sebagainya, kini ada lagi yang tak kalah unik, yaitu tomat yang berwarna hitam. 

Mengutip Daily Mail, tanaman itu ditumbuhkan di dalam rumah kaca. Saat baru tumbuh, warnanya hijau seperti tomat normal. Namun, alih-alih merah, warnanya menghitam saat tomat mulai matang.

Varietas itu disebut “Indigo Rose”. Sutton Seeds dari Devon merupakan perusahaan yang memprakarsainya. Rencananya, tomat hitam akan dijual pertama kalinya di Inggris tahun ini.


Adalah Jim Myers, profesor di University of Oregon, yang menggagas ide itu. Ia berinisiatif menciptakan tomat hitam, setelah seorang mahasiswa tertarik dengan manfaat kesehatan tomat.

Selain berbeda secara fisik, tomat hitam juga lebih sehat dibanding tomat merah. Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan, tomat hitam mengandung anthocyanin dan antioksidan yang membantu memerangi diabetes dan obesitas.


sumber: gardenista.com
“Mereka memang tidak semanis tomat normal, tapi rasanya lebih gurih. Bagus untuk dipanggang dan dimakan dengan salad,” kata Alfie Jackson, asisten manajer produk dari Sutton Seeds.

Sebelum Indigo Rose, sudah ada beberapa tomat berwarna gelap yang pernah dikembangkan. Namun, tomat kali ini diklaim sebagai satu-satunya yang paling gelap.

Alfie menjelaskan, Jim dan timnya menemukan tomat dengan pigmentasi ungu, berkat kandungan anthocyanin. Kandungan yang sama juga terdapat pada blueberry.

“Mereka kemudian menyilangkan tomat ungu dengan beberapa tomat liar, hingga akhirnya terciptalah warna hitam,” lanjutnya Alfie.


Bagaimana, tertarik untuk mencoba gurihnya tomat hitam?
sumber: www.plant-world-seeds.com
 sumber: Viva

2 Komentar

  1. tomat hitam yang sangat menarik, saya baru pertama kali melihatnya..

    BalasHapus

  2. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak