Inilah Alasan Kenapa Mencabut Bulu Hidung itu Berbahaya

Setiap orang tentunya punya yang namanya bulu hidung, yakni sekumpulan rambut-rambut halus yang ada di dalam lubang hidung. Meski letaknya di dalam lubang hidung, terkadang ada beberapa helai bulu hidung yang tumbuh panjang hingga keluar dari lubang. Dan untuk mengatasi problem tersebut tak jarang sebagian orang mungkin mempunyai kebiasaan mencabut bulu hidung.

Kebiasaan itu sekilas memang terlihat sepele dan tak terasa sakit, bahkan mungkin menyenangkan. Namun pernahkah disadari, bahwa sebenarnya kebiasaan itu justru berbahaya dan bisa merugikan kesehatan.


Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya tidak mencabut bulu hidung.
 
Image source: orbitdigital.net
  • Ketika bulu hidung dicabut maka akarnya yang secara otomatis ditarik paksa akan ikut tercabut dan menimbulkan luka. Meskipun luka itu kecil, namun berpotensi menyebabkan bisul atau nyeri yang berkepanjangan. Bahkan jika luka tersebut mengalami infeksi, maka ada risiko terjadi peradangan yang membahayakan.
  • Mungkin belum semua orang tahu, sebenarnya bulu hidung miliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk menyaring berbagai macam kotoran yang hendak masuk ke dalam hidung. Bila bulu itu dicabut, maka jelas akan mengganggu fungsinya.

Lihat saja, ketika seseorang sedang berada di tempat berdebu, biasanya sering kali ingin bersin. Itulah saat dimana bulu hidung yang mendeteksi adanya kotoran lalu memicu bersin. Jika tanpa bulu hidung, maka debu akan lolos masuk ke saluran pernapasan yang tentunya membahayakan.

Jadi, jika bulu hidung tumbuh panjang hingga keluar dari lubang hidung maka sebaiknya tidak mencabutnya melainkan cukup dengan memotongnya dengan gunting. Pun demikian, hindari memotongnya secara berlebihan agar tidak mengganggu fungsinya sebagai penyaring kotoran. 

Source: Sidomi

4 Komentar

  1. Duh pasti gimana ya rasanya, sakit-sakit geli gitu rasanya hehehe.. tapi memang sebaiknya ga usah di cabut sih..

    BalasHapus
  2. mencabut bulu hidung memang berbahaya juga, apalagi bila terjadi infeksi..

    BalasHapus

  3. mari bermain bersama kami di ION QQ , COM ...
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    pin BB 58ab14f5.

    BalasHapus
  4. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak